PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA

Albaena, Sandopa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALBAENA S..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap penguasaan konsep fisika dan kreativitas peserta didik. Hipotesis penelitian ini yaitu ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap penguasaan konsep fisika dan kreativitas peserta didik SMA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran reciprocal teaching, sedangkan variabel terikatnya adalah penguasaan konsep fisika dan kreativitas peserta didik. Materi pelajaran fisika yang digunakan dalam penelitian ini adalah suhu dan kalor. Populasi pada penelitian ini adalah 174 peserta didik kelas XI MIA SMAN 8 Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan 30 peserta didik dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan 28 peserta didik. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dan kelas kontrol diberikan perlakuan berupa model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep fisika peserta didik adalah 10 butir soal pilihan ganda, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengukur kreativitas peserta didik yaitu berupa 5 butir soal uraian. Hipotesis penelitian menggunakan uji manova. Uji manova menunjukkan signifikan 0,000 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap penguasaan konsep fisika dan kreativitas peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: model reciprocal teaching, penguasaan konsep fisika, kreativitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:29
Last Modified: 28 Mar 2022 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28443

Actions (login required)

View Item View Item