PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PEMBELAJARAN OPERASI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-9 SMP NEGERI 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018

SUNILARATETI, ERLINA (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PEMBELAJARAN OPERASI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-9 SMP NEGERI 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa di kelas VIII-9 SMP Negeri 10 Mataram tahun ajaran 2017/2018 yang disebabkan karena guru mendominasi pembelajaran dimana model yang digunakan masih belum bervariasi, konsep atau pengetahuan diberikan tanpa melalui aktivitas pengamatan dan belum mengarahkan kepada permasalahan sehari-hari, dan belum optimalnya penggunaan fasilitas sekolah atau media pendukung pembelajaran. Problem Based Learning dipilih sebagai solusi dikarenakan dalam penerapannya siswa tidak hanya sekedar belajar dari apa yang diberikan guru, akan tetapi belajar dari aktivitas dan pengalamannya dalam menyelesaikan permasalahan. Pelaksanaan penelitian ini dibagi dalam dua siklus dimana setiap siklus memiliki beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Dengan instrumen berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar siswa. Data hasil observasi aktivitas belajar siswa dan guru diambil dengan menggunakan lembar observasi aktivitas yang dilakukan pada tiap pertemuan, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan memberi tes evaluasi tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 12,00 dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II dengan rata-rata skor 16,67 dengan kategori sangat aktif. Skor rata-rata hasil evaluasi siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu pada siklus I dengan presentase ketuntasan klasikal 88,89% dan pada siklus II dengan presentase ketuntasan klasikal 91,66%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 10 Mataram tahun ajaran 2017/2018 pada materi pembelajaran Operasi Aljabar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Model Problem Based Learning, Operasi Aljabar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 21 Apr 2018 03:59
Last Modified: 21 Apr 2018 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item