PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 GUNUNGSARI

NAF’ATUZZAHRAH, NAF’ATUZZAHRAH (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NAF'ATUZZAHRAH (E1Q017039).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model learning cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik yang layak dan efektif khususnya pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan desain model 4D yang terdiri dari Define, Design, Development, dan Dissemination. Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Instrumen Tes Penguasaan Konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan instrumen tes penguasaan konsep. Data kelayakan perangkat pembelajaran diperoleh dari pengisian lembar validasi oleh para validator dan dianalisis menggunakan skala likert. Sedangkan data keefektifan diperoleh dari kegiatan uji coba terbatas dengan memberikan instrumen tes penguasaan konsep fisika berupa pretest dan posttest yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian berdasarkan penilaian para validator menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelayakan seluruh perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 88.54% dan 92.62% dengan kriteria sangat valid dan reliabel. Kemudian hasil rata-rata uji N-gain untuk penguasaan konsep fisika pada materi fluida statis yaitu 0.55 dengan kategori peningkatan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model learning cycle 5E layak dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik SMAN 1 Gunungsari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Learning Cycle 5E, Penguasaan Konsep, Fluida Statis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:28
Last Modified: 28 Mar 2022 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28453

Actions (login required)

View Item View Item