PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA TEMA KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT SDN WORA

ASTITI, RISNAWATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA TEMA KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT SDN WORA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ASTITI RISNAWATI (E1E217017).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN WORA. Jenis Penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain nonequevalent control group design . populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN WORA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan V-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda dan essay. Data keterlaksanaan model problem based learning pada pertemuan I dengan skor 75% kategori baik dan pertemuan ke-II dengan skor 85,4% kategori sangat baik dan data kemampuan berpikir kritis siswa diuji normalitas dengan metode kolmogorov smirnov kemudian diuji homogenitasnya uji varians. Pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh t-hitung sebesar 11,445 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2.019. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji effect size dengan menggunakan rumus effect size cohen’s d yang dimana hasilnya sebesar 2,62 dengan kisaran kriteria pada rumus cohen’s d yaitu 0,8-2,0 yang tergolong tinggi berdasarkan pada klasifikasii uji effect size yang artinya model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:28
Last Modified: 28 Mar 2022 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28455

Actions (login required)

View Item View Item