PEMBUATAN SISTEM PENGUNCIAN PINTU OTOMATIS BERDASARKAN JADWAL PERKULIAHAN DI PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS MATARAM

Fania, Sita Rani (2022) PEMBUATAN SISTEM PENGUNCIAN PINTU OTOMATIS BERDASARKAN JADWAL PERKULIAHAN DI PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR FANIA SITA RANI ver.3-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang mikrokontroler belum banyak dijumpai di Fakultas Teknik Universitas Mataram, khususnya di Program Studi Informatika. hal ini dibuktikan dengan penguncian pintu pada ruang kuliah masih menggunakan kunci manual. Berdasarkan hasil respon kuisioner 9 orang dosen di Program Studi Informatika, Universitas Mataram, penggunaan kunci konvensional dirasa kurang efektif karena memiliki sistem keamanan yang rendah karena riskan hilang atau lalai dalam peletakan kunci, tidak dapat membuka dan mengunci pintu otomatis karena masih menggunakan kunci manual yang ada bentuk fisiknya, akan bermasalah ketika pemegang kunci belum hadir jika jadwal perkuliahan sudah dimulai dan harus stand by hingga perkuliahan selesai, juga tidak terintegrasi dengan jadwal perkuliahan karena masih bersifat konvensional dan belum dilakukan automatisasi. Oleh karena itu penulis merancang suatu inovasi berupa sistem penguncian pintu otomatis yang terintegrasi dengan jadwal perkuliahan. Sistem ini terdiri dari sensor Wemos D1 Mini, Sensor Magnet, Selenoid Lock Door, Relay Module, dan akses kontrol menggunakan aplikasi Android sederhana. Penyesuaian jadwal dilakukan dengan memanfaatkan task scheduler di windows yang akan menjalankan file python setiap 10 menit sekali untuk memastikan apakah saat ini terdapat jadwal kuliah atau tidak. Protokol komunikasi yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Message Queue Telementry Transport (MQTT). Dengan adanya rancangan sistem penguncian pintu otomatis, kendala yang telah disebutkan dapat diminimalisir adanya. Persentase akurasi keberhasilan sistem yang dibuat sebesar 85% dari 20 kali percobaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : IoT, Penjadwalan, Android, Smart Lock, MQTT.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:27
Last Modified: 28 Mar 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28461

Actions (login required)

View Item View Item