PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS

EKO, PRATAMA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Eko Pratama_E1Q014013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Perkembangan pada Abad 21 yang sangat pesat dapat membawa perubahan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi termasuk perubahan paradigma pembelajaran, Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi dinamika pembelajaran abad 21. Namun, pembelajaran di sekolah masih belum dapat secara maksimal menunjang terciptanya proses berpikir kritis bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat model pembelajaran berbasis masalah yang valid dan reliabel untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan 4 D yang meliputi 4 tahap yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Hasil analisis validitas menunjukkan nilai rata-rata validitas silabus 3.38, RPP 3.42, LKPD 3.38, dan instrumen tes 3.43. Kemudian dari hasil analisis realibilitas diperoleh nilai rata-rata persentase silabus 97%, RPP 94%, LKPD 97%, dan instrumen tes 96%. Berdasarkan Hasil analisis validitas dan realibilitas disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah valid dan reliabel untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Permbelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:27
Last Modified: 28 Mar 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28462

Actions (login required)

View Item View Item