ANALISIS GENDER DALAM STRATEGI PENANGGULANGAN BENCANA : STUDI KASUS DALAM RUMAH TANGGA PETANI DI DESA SEMBALUN BUMBUNG KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

HULWATUL, IZMI (2022) ANALISIS GENDER DALAM STRATEGI PENANGGULANGAN BENCANA : STUDI KASUS DALAM RUMAH TANGGA PETANI DI DESA SEMBALUN BUMBUNG KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Hulwatul Izmi_L1C018035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian berjudul “ Analisis Gender dalam Strategi Penanggulangan Bencana; Studi Kasus pada Rumah Tangga Petani di Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Informan penelitian yaitu Rumah Tangga Petani, perangkat desa, tim siaga bencana desa dan project officer. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi dan focus group discussion (FGD). Analisis data pada penelitian ini yaitu mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bencana alam yang rentan terjadi di Desa sembalun Bumbung yaitu bencana alam banjir dan longsor sedangkan untuk bencana non-alam yaitu pandemi covid-19, jika pembagian peran antara laki-laki dan perempuan dalam penanggulangan bencana dilihat dari analisis harvard yang lebih memiliki akses, partisipasi, kontrol dan manfaat dalam strategi penanggulangan bencana yaitu perempuan hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti laki-laki lebih fokus bekerja dibandingkan mengikuti pelatihan kerelawanan dalam peningkatan kapasitas, lebih banyak perempuan yang berperan dalam tim-tim penanggulangan, perempuan lebih peka untuk bergerak ketika di lapangan sedangkan dari tindakan tersebut terdapat motif untuk menambah jaringan dan ilmu pengetahuan tentang kebencanaan dengan mengikuti pelatihan tentang kebencanaan, melakukan perbaikan dan pemulihan fisik maupun non-fisik serta ingin menjadi contoh bagi perempuan lainnya sedangkan motif karena adanya orientasi feminim dan adanya rasa kepekaan terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Gender, Bencana, Rumah Tangga Petani
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:27
Last Modified: 28 Mar 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28463

Actions (login required)

View Item View Item