iPOLA iKOMUNIKASI iINTERPERSONAL iDALAM iPENDIDIKAN iANAK iTUNAGRAHITA iDI iKABUPATEN iLOMBOK i iTENGAH i(Studi iKasus idi iSLB iNegeri i2 iLombok iTengah)

Aluh, iDemayantika (2022) iPOLA iKOMUNIKASI iINTERPERSONAL iDALAM iPENDIDIKAN iANAK iTUNAGRAHITA iDI iKABUPATEN iLOMBOK i iTENGAH i(Studi iKasus idi iSLB iNegeri i2 iLombok iTengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALUH DEMAYANTIKA BNR (2)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk hidup yang selalu berinteraksi dan beradaptasi dengan sesamanya. Komunikasi menjadi salah satu cara untuk melakukan interaksi antara manusia dengan manusia lainnya, tanpa terkecuali anak berkebutuhan khusus seperti anak tunagrahita. Tunagrahita merupakan anak berkebutuhan khusus yang memiliki keterbelakangan dalam intelegensi fisik, emosional, dan sosial atau dengan kata lain tunagrahita merupakan sebutan bagi orang-orang dengan kemampuan intelektual dan kognitif yang berada di bahwa rata-rata dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya. Komunikasi antar sesama bisa berjalan dengan baik, akan menyebabkan hubungan antar sesama manusia lebih dekat dan saling mengerti, contohnya melalui komunikasi interpersonal guru dengan anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui pola komunikasi interpersonal guru dengan siswa berkebutuhan khusus anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Lombok Tengah, dan untuk memahami dan mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam berkomunikasi dengan anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miels dan Humberman, dan teknik pengecekan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru di SLB Negeri 2 Lombok Tengah menggunakan dua macam sifat komunikasi interpersenoal yaitu komunikasi diadik dan komunikasi kelompok kecil, dengan menggunakan kedua sifat tersebut akan menimbulkan dampak positif bagi guru dan anak tunagrahita tersebut. Namun tetap ditemukan adanya kendala yang dihadapi oleh guru dalam melakukan komunikasi interpersonal dengan anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Lombok Tengah. Dalam penelitian ini turut memberikan saran dan rekomendasi untuk membantu agar permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dan berkurang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pola komunikasi interpersonal guru dengan anak tunagrahita
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:18
Last Modified: 28 Mar 2022 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28467

Actions (login required)

View Item View Item