RESPON FENOTIPE KACANG HASIL PERSILANGAN KACANG TUNGGAK (Vigna unguiculata L. Walp.) DENGAN KACANG PANJANG (Vigna sesquipedalis L. Fruwirth) GENERASI F7 TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS POC (PUPUK ORGANIK CAIR) PADA INTERVAL APLIKASI YANG BERBEDA

Saepul, Muslim (2022) RESPON FENOTIPE KACANG HASIL PERSILANGAN KACANG TUNGGAK (Vigna unguiculata L. Walp.) DENGAN KACANG PANJANG (Vigna sesquipedalis L. Fruwirth) GENERASI F7 TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS POC (PUPUK ORGANIK CAIR) PADA INTERVAL APLIKASI YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon fenotip kacang hasil persilangan kacang tunggak (Vigna unguiculata L. Walp.) dengan kacang panjang (Vigna sesquipedalis L. Fruwirth) generasi F7 terhadap pemberian berbagai dosis pupuk organik cair (POC) Nasa dan interval aplikasi yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Kaca Teaching Farm di Deasa Nyiur Lembang Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Mulai bulan Agustus sampai November 2021. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dengan faktor pertama adalah dosis POC nasa (A) dan faktor kedua adalah interval waktu aplikasi POC nasa (B). Adapun kombinasi perlakuan dalam percobaan ini yaitu 9 kombinasi dengan 3 kali ulangan sehingga keseluruhannya berjumlah 27 unit percobaan. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis keragaman (Analysis of Variance) pada taraf nyata 5%. Perlakuan yang menunjukkan beda nyata maka diuji lanjut dengan menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil pengamatan menunjukkan adanya berpengaruh nyata terdapat pada parameter tinggi tanaman pada umur 4 MST, 6 MST, 8 MST dan pada saat panen, jumlah daun umur 6 MST,8 MST dan pada saat panen, luas daun, umur berbunga, umur panen, jumlah polong per tanaman, bobot basah dan bobot kering polong, jumlah biji per polong, bobot biji per tanaman, dan bobot 100 butir biji, namun tidak berpengaruh nyata tehadap jumlah daun pada umur 4 MST dan panjang polong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kacang Panjang, Kacang Tunggak, POC Nasa, Interval Aplikasi.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:18
Last Modified: 28 Mar 2022 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28468

Actions (login required)

View Item View Item