META-ANALISIS PENGARUH MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BAHASA INDONESIA

NURHIKMAH, NURHIKMAH (2022) META-ANALISIS PENGARUH MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bentuk-bentuk hasil penelitian terdahulu tentang pengaruh media animasi dalam pembelajaran menulis teks bahasa Indonesia dan (2) Perbandingan pengaruh media animasi dalam pembelajaran menulis teks bahasa Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. (1) Bagaimanakah bentuk-bentuk hasil penelitian terdahulu tentang pengaruh media animasi dalam pembelajaran menulis teks bahasa Indonesia. (2) Bagaimanakah perbandingan pengaruh media animasi dalam pembelajaran menulis teks bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode pengamatan/ observasi. Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu: (1) Bentuk-bentuk penelitian terdahulu tentang pengaruh media animasi dalam pembelajaran menulis teks bahasa Indonesia diperoleh 3 skripsi dan 7 jurnal yang relevan dianalisis. (2) Hasil analisis data terkait perbandingan hasil penelitian, menyatakan bahwa hasil belajar yang berada pada kategori rendah memiliki presentase 18,54% (tidak efektif). Sementara itu, yang berada pada kategori sedang 60,99% (cukup efektif).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Meta-analisis, Media animasi, pembelajaran menulis teks.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:18
Last Modified: 28 Mar 2022 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28469

Actions (login required)

View Item View Item