POTENSI TRADISI NGEJOT SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKn (Studi di Desa Lenek Pesiraman Kecamatan Lenek imur)

Riki, Azwari (2022) POTENSI TRADISI NGEJOT SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKn (Studi di Desa Lenek Pesiraman Kecamatan Lenek imur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIKI AZWARI E1B018077 PPKN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Tradisi ngejot di Desa Lenek Pesiraman; (2) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi ngejot di Desa Lenek Pesiraman; (3) Potensi Tradisi ngejot sebagai Sumber Belajar mata pelajaran PPKn. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisisi Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tradisi ngejot memiliki beberapa tahapan yaitu tahap Persiapan, Pelaksanaan dan Penutup. Tahap Persiapan terdiri dari musyawarah serta mempersiapkan bahan ritual. Tahap pelaksanaan terdiri dari ngatong dulang (membawa sampak), uduk (mengambil air wudhu), nyadek jot-jotan (Memberi jotjotan). Tahap Penutup terdiri dari doa . Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam tradisi ngejot di Desa Lenek Pesiraman yaitu Demokratis, Religius, Cinta damai, Tanggung jawab dan peduli lingkungan. Tradisi ngejot berpotensi sebagai sumber belajar PPKn, yaitu pada aspek pendidikan yang berkaitan dengan materi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 karena syarat akan nilai-nilai karakter didalamnya yang dapat membentuk karakter siswa supaya bisa menjaga keanekaragaman budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ngejot, Nilai Karakter, Sumber Belajar PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:18
Last Modified: 28 Mar 2022 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28472

Actions (login required)

View Item View Item