ANALISIS SISTEM PELAYANAN PENGANGKUTAN SAMPAH DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

HELIN, AYU PUTRINI (2022) ANALISIS SISTEM PELAYANAN PENGANGKUTAN SAMPAH DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Helin Ayu Putrini (F1A017054) fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan suatu daerah tidak terlepas dari berbagai permasalahan sosial yang dihadapi, tidak terkecuali permasalahan sampah. Sampah merupakan masalah yang sangat kompleks dan tidak bisa dipisahkan dari manusia. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk mengakibatkan bertambahnya produksi timbulan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting sistem pengangkutan sampah serta mengetahui kebutuhan pola pengangkutan, yaitu kebutuhan ritasi dan memprediksi kebutuhan armada pengangkut berdasarkan proyeksi pertumbuhan penduduk dan timbulan sampah dalam waktu 5 (lima) tahun ke depan di daerah penelitian. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan hasil analisis kondisi eksisting sistem pelayanan pengangkutan sampah Kabupaten Lombok Utara memiliki tingkat pelayanan yang bervariasi. Tingkat pelayanan terendah berada di Kecamatan Bayan, yaitu 14,20 % dan tertinggi di Kecamatan Tanjung 87,36 %. Timbulan sampah terbanyak dalam waktu 5 (lima) tahun ke depan berada di Kecamatan Gangga, yaitu mencapai 22.498,38 kg/hari. Untuk memenuhi target pelayanan pengangkutan sampah di Kabupaten Lombok Utara, maka diperlukan pola pengangkutan dengan peningkatan ritasi untuk Kecamatan Pemenang, Kecamatan Gangga, Kecamatan Kayangan, dan Kecamatan Bayan. Armada pengangkut yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara saat ini adalah 14 unit yang terbagi dalam dua jenis kendaraan, yaitu dump truck dan arm roll truck. Jumlah ini masih mampu melayani pengangkutan sampah di Kabupaten Lombok Utara sampai 5 (lima) tahun ke depan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Persampahan, proyeksi timbulan sampah, tingkat pelayanan, ritasi, armada pengangkut sampah.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:18
Last Modified: 28 Mar 2022 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28476

Actions (login required)

View Item View Item