ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SARANG BURUNG WALET DI DESA BRANGKOLONG KECAMATAN PLAMPANG

GILANG, KAMULADA (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SARANG BURUNG WALET DI DESA BRANGKOLONG KECAMATAN PLAMPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Print fixxx ttd_t.docx .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah mengenai analisis strategi pemasaran sarang burung walet. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk pengusaha sarang burung walet di Desa Brangkolong Kecamatan Plampang. (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran pada pengusaha sarang burung walet di Desa Brangkolong Kecamatan Plampang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey dan wawancara. Jumlah responden ditentukan dengan cara sensun langsung ke lapangan sehingga di dapatkan 6 orang responden dan 2 orang informan kunci (perangkat desa dan tokoh masyrakat). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Strategi Pemsaran yang digunakan pada proses pemasaran sarang burung walet di Desa Brangkolong yaitu strategi Segmentasi, Market Positiong dan market Srategi. Segmentasi pasar yang dilakukan oleh pengusaha sarang burung walet di Desa Brangkolong memiliki persentase sebesar 66,6%. Untuk strategi Market Positiong yang dilakukan oleh pengusaha sarang burung walet di Desa Brangkolong memiliki persentase sebesar 33,3%. Dan untuk strategi Market strategi yang dilakukan oleh pengusaha sarang burung walet di Desa Brangkolong ada dua faktor yang sangat berpengaruh yaitu produk dengan persentase sebesar 66,6% dan harga sebesar 33,3 %. (2) Faktor-faktor yang sangat berpengaruh terhadap strategi pemasarang sarang burung walet di Desa Brangkolong Kecamatan plampang atau faktor yang terjadi sesuai dilapangan yaitu pengusaha sebagai pemasok atau masuk dalam kategori faktor lingkungan mikro. Semua pengusaha sarang burung walet di desa brangkolong hanya sebagai pemasok saja yang kemudian produk mereka dijual ke pengepul yang ada di daerah Sumbawa. (3) Sifat tertutup dan tidak mau bekerjasama menyebabkan kesulitan pengembangan dan pemberdayaan pengusaha sarang burung walet di Desa Brangkolong, karena hal ini menyebabkan mereka sulit bekerja sama dan menimbulkan persaingan yang tidak sehat antara pengusaha sarang burung walet.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Strategi pemasaran, sarang burung walet, pengusaha
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:16
Last Modified: 28 Mar 2022 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28478

Actions (login required)

View Item View Item