KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH HIGH ORDER THINKING SKILL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA

SANGGA, PATIH ALAM (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH HIGH ORDER THINKING SKILL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sangga Patih Alam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah HOTS siswa kelas VIII SMP Negeri 6 mataram tahun pelajaran 2020/2021 dalam memecahkan masalah soal HOTS materi pola bilangan ditinjau dari prestasi belajar siswa. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 37 orang siswa kelas VIII D dan VIII E SMP Negeri 6 Mataram tahun pelajaran 2020/2021, subjek kemudian dikelompokkan berdasarkan hasil prestasi belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah dengan menggunakan hasil ulangan tengah semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 sebagai acuannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, dan teknik wawancara. Teknik tes berupa 2 buah soal kemampuan pemecahan HOTS materi pola bilangan. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh keterangan yang terperinci mengenai pandangan siswa akan langkah pemecahan masalah pada soal. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah HOTS dianalisis berdasarkan tahapan kemampuan pemecahan masalah menurut polya. Berdasarkan hasil analisis data pada 4 siswa dengan prestasi belajar tinggi, 3 siswa memenuhi indikator tahapan memahami masalah dan merencanakan penyelesaian, 4 siswa memenuhi tahapan menyelesaiakan penyelesaian, dan 3 siswa mampu memenuhi tahapan memeriksa kembali. Berdasarkan 17 siswa dengan prestasi belajar sedang, 12 siswa mampu memenuhi tahapan memahami masalah, 10 siswa memenuhi tahapan merencanakan penyelesaian dan 6 siswa memenuhi tahapan menyelesaikan masalah dan memeriksa Kembali. Berdasarkan 16 siswa dengan prestasi belajar rendah, hanya 1 dari 16 siswa mampu memenuhi tahapan memahami masalah, selebihnya tidak mampu memenuhi keempat tahapan pemecahan masalah polya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal HOTS, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Mar 2022 23:45
Last Modified: 29 Mar 2022 23:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28510

Actions (login required)

View Item View Item