KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Baiq, Yuspita Halilianti (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baiq Yuspita Halilianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Mataram sesuai dengan tahapan Polya ditinjau dari gaya belajar siswa visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar siswa, soal tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil pengisian angket melalui google form terdapat 191 siswa kelas VIII yang mengisi angket dengan rincian gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik secara berurut-urut adalah 84, 70, 37. Kemudian dengan teknik purposive sampling, dipilih satu kelas untuk mengerjakan soal tes dan 2 siswa dari tiap gaya belajar untuk diwawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dari siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik pada tiap tahap pemecahan masalah. Siswa dengan gaya belajar visual sangat baik dalam memahami masalah, baik dalam menyusun rencana, cukup pada tahap melaksanakan penyelesaian, dan kurang dalam melihat kembali. Siswa dengan gaya belajar auditorial baik dalam memahami masalah, cukup pada tahap menyusun rencana dan melaksanakan penyelesaian, namun sangat kurang dalam melihat kembali. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik sangat baik dalam memahami masalah, cukup pada tahap melaksanakan rencana, namun sangat kurang pada tahap menyusun rencana dan melihat kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori Polya, Gaya Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Mar 2022 23:45
Last Modified: 29 Mar 2022 23:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28511

Actions (login required)

View Item View Item