HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN LINGSAR LOMBOK BARAT TAHUN 2021

ISLAHUDDIN, ISLAHUDDIN (2022) HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN LINGSAR LOMBOK BARAT TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS LENGKAP AKHIR 10-9-21.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu hubungan antara kepemimpinan kepala Madrasah Ibtidaiyah dan motivasi kerja baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru Madrasah di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang ada di madrasah-Ibtidaiyah di kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 102 guru. Sampel penelitian ini berjumlah 50 guru yang tersebar madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi, baik regresi sederhana maupun regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala Madrasah Ibtidaiyah dengan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kacamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dengan kontribusi sebesar 57%; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kacamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dengan kontribusi sebesar 41%; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala Madrasah Ibtidaiyah dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru (Y) Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dengan kontribusi sebesar 69.7%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kepemimpinan kepala Madrasah Ibtidaiyah; motivasi kerja; kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Mar 2022 23:46
Last Modified: 29 Mar 2022 23:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28513

Actions (login required)

View Item View Item