PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STEM (Science Technology Engineering Mathematics) BERBANTUAN VIDEO PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP

MUHAMMAD, DWIKHI MURSYAM ALDI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STEM (Science Technology Engineering Mathematics) BERBANTUAN VIDEO PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Muhammad Dwikhi Mursyam Aldi (E1Q017034).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa perangkat pembelajaran STEM berbantuan video pada materi fluida dinamis untuk meningkatkan pemahaman konsep yang layak, efektif, dan efisien. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), video dan instrumen tes pemahaman konsep . Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan instrumen tes pemahaman konsep. Kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan angket validasi yang dinilai oleh enam validator yaitu tiga dosen dan tiga guru praktisi yang kemudian dianalisis menggunakan skala likert dan percentage agreement. Efektivitas perangkat pembelajaran STEM diperoleh dari hasil pretest dan posttest dengan analisis menggunakan uji N-Gain. Efisiensi perangkat pembelajaran menggunakan angket respon peserta didik. Hasil analisis kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan skala likert menunjukkan rata-rata keseluruhan perangkat mencapai 3.45 dengan kategori 86.65% (valid) dan reliabilitas mencapai 90.68% dengan kategori reliabel. Pemahaman konsep mengalami peningkatan dengan menggunakan hasil rata-rata uji N-Gain adalah 0.57 dengan kategori sedang. Hasil analisis angket respon peserta didik terhadap pembelajaran STEM menunjukkan efisiensi sebesar 86.66% dengan kriteria positif. Sehingga, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran STEM berbantuan video pada materi fluida dinamis yang dikembangkan layak, efektif dan efisien digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan, Pengembangan perangkat, STEM, Video, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:24
Last Modified: 31 Mar 2022 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28539

Actions (login required)

View Item View Item