PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK SMA

NOPI, ARPIAWAN (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ( NOPI ARPIAWAN_E1Q015046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik SMA pada materi getaran harmonis. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis validitas untuk masing-massing perangkat, yaitu silabus 3,41, RPP 3,35, lkpd 3,33, dan instrument tes sebesar 3,45. Hasil analisis validitas tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran masuk dalam kriteria valid. Dari hasil uji coba terbatas diperoleh nilai n-gain 0,47 dengan kategori sedang. Selanjutnya untuk analisis kepraktisan diperoleh nilai rata-rata 81,0% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis validitas, efektifitas, dan kepraktisan maka perangkat pembelajaran secara keseluruhan dapat dikatakan layak diimplementasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:24
Last Modified: 31 Mar 2022 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28540

Actions (login required)

View Item View Item