PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS 4 SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022

RUSMIATI, RUSMIATI (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS 4 SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RUSMIATI (E1E217156).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak :Kemampuan bercerita adalah kemampuan menyampaikan cerita kepada pendengar atau kemampuan menyampaikan ide atau gagasan secara lisan ataupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan bercerita siswa kelas IV SDN 32 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mencari pengaruh strategi pembelajaran ekpositori terhadap kemampuan bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan Quasi Eksperimen Desain. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent control grup desain. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan Tes. Metode analisis data penelitian ini adalah Analisis Statistic Deskriptif yang mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Dalam pengambilan data penelitian ini terdapat prasyarat analisis data yaitu dengan melakukan uji normalitas data dengan menggunakan uji kolmogorof smirnov, uji homogenitas menggunakan leneve dan uji hipotesisis menggunakan uji Independent sample T-test. Hasil hipotesis dalam penelitian ini adalah sig 2-tailed < 0.05 yaitu 0.000 < 0.05.pada taraf signifikan 0.05 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu sig 2 tailed < 0.05 maka hipotesis alternative (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan bercerita antara siswa kelompok eksperimen dan kemlompok kontrol. Dengan demikian dinyatakan bahwa strategi pembelajaran ekspositori dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :Strategi Pembelajaran, Ekspositori, Kemampuan Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:24
Last Modified: 31 Mar 2022 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28542

Actions (login required)

View Item View Item