PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V SDN 2 BATUJAI TAHUN AJARAN 2021

LALE, INGGIT KASTURI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V SDN 2 BATUJAI TAHUN AJARAN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (LALE INGGIT KASTURI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran video interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SDN 2 Batujai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 2 Batujai. Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa media pembelajaran video interaktif sudah memenuhi kriteria sangat layak dengan memperoleh skor dari validator ahli media memperoleh persentase 87% dengan kategori sangat layak dan skor dari validator ahli materi memperoleh persentase 69% dengan kategori layak, sedangkan dari respon peserta didik memperoleh skor persentase 93% dengan kategori sangat layak. Yang membedakannya dengan media video yang lain yaitu dapat dilihat dari salah satu penelitian yang menggunakan program Adobe Flash Cs 5, di mana dapat menampilkan animasi bersifat interaktif sehingga dapat memudahkan penguasaan materi fisika bagi peserta didik dan juga dalam memahami (problem solving), sedangkan dalam penelitian yang saya lakukan lebih untuk memfokuskan pada pengembangan media pembelajaran videop interaktif pada mata pelajaran IPA saja dengan materi tertentu. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video interaktif sangat layak untuk digunakan pada siswa kelas V SDN 2 Batujai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Pembelajaran Video Interaktif, Ilmu Pengetahuan Alam, siswa kelas V SDN 2 Batujai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:24
Last Modified: 31 Mar 2022 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28547

Actions (login required)

View Item View Item