PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH HUKUM NEWTON PADA PESERTA DIDIK MA NW HIKMATUSYSYARIEF

AHMAD, BAEHAQI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH HUKUM NEWTON PADA PESERTA DIDIK MA NW HIKMATUSYSYARIEF. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ahmad Baehaqi (E1Q016003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah hukum Newton pada peserta didik MA NW Hikmatusysyarief. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah (KPM). Kelayakan ditinjau dari hasil validasi oleh 6 validator yang terdiri dari 3 validator ahli dan 3 validator praktisi. Kepraktisan ditinjau dari hasil respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan ditinjau dari hasil uji coba terbatas terhadap 20 orang peserta didik. Instrumen penelitian terdiri atas RPP, LKPD, lembar validasi, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes KPM. Teknik analisis data terdiri atas deskriptif kuantitatif, Persentage of agreement, uji-t sampel berpasangan, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran: 1) Layak (persentase validitas mencapai 84,54% dengan kriteria valid, dan reliabilitas mencapai >75% dengan kriteria reliabel). 2) Praktis (peserta didik memberi respon positif, dan keterlaksanaan pembelajaran mencapai kritera baik). 3) Efektif (Ada peningkata KPM peserta didik secara signifikan, dengan thitung (15,52) > ttabel (1,729), dan rata-rata skor N-gain yaitu 0,61 dengan kriteria sedang). Kesimpulannya yaitu telah dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah hukum Newton pada peserta didik MA NW Hikmatusysyarief dengan cara mengintegrasikan sintak pendekatan saintifik terhadap sintak pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : pengembangan perangkat pembelajaran, model pembelajaran berbasis masalah, pendekatan saintifik, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:24
Last Modified: 31 Mar 2022 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28553

Actions (login required)

View Item View Item