PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAPENA ( MAINAN PETA ANAK ) PADA MATERI IPS UNTUK SISWA KELAS IV SDN 39 MATARAM

EVY, YOLA ADINI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAPENA ( MAINAN PETA ANAK ) PADA MATERI IPS UNTUK SISWA KELAS IV SDN 39 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-(EVY YOLA ADINI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) Pada Materi keragaman suku bangsa Indonesia, mengetahui kelayakan media pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) untuk siswa kelas IV SDN 39 Mataram. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan penelitian, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SDN 39 Mataram, Kecamatan Selaparang. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran MAPENA (Mainan Peta Anak) pada Materi keragaman suku bangsa Indonesia, Kelayakan media MAPENA (Mainan Peta Anak) pada materi keragaman suku bangsa Indonesia. Berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 97,5%, penilaian dari ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 97,05%. Hasil uji coba kelompok kecil pada tahap 1 mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 97,91%, uji tahap 2 mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 97,9%, dan uji coba tahap 3 mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata persentase 96,75%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Media pembelajaran, permainan peta anak, peta, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:24
Last Modified: 31 Mar 2022 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28554

Actions (login required)

View Item View Item