KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII DI SMPN 12 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

DINI, SOFIATUL IFFA (2022) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII DI SMPN 12 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Dini Sofiatul Iffa (E1R016022).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah relasi dan fungsi kelas VIII di SMPN 12 Mataram tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII C dengan 30 siswa yang diberikan tes kemampuan representasi matematis dikategorikan ke dalam kemapuan representasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Sebanyak 20% atau 6 siswa berada pada kategori kemampuan representasi matematis tinggi, 36,67% atau 11 siswa berada pada kategori kemampuan representasi matematis sedang, dan 43,33 % atau 13 siswa berada pada kategori kemampuan representasi matematis rendah.secara umum dari hasil tes, siswa dengan kemampuan representasi matematis tinggi telah mampu mencapai indikator kemampuan representasi matematis kecuali representasi verbal. Siswa dengan kemampuan representasi matematis sedang belum mampu mencapai indikator kemampuan representasi matematis secara keseluruhan. Sebab sebagian besar siswa dengan kemampuan representasi sedang masih salah dalam menyajikan sajian dari ketiga aspek representasi matematis yaitu visual verbal dan simbol. Siswa dengan kemampuan representasi matematis rendah belum mampu mencapai indikator kemampuan representasi matematis dengan baik. Siswa dengan kemampuan representasi matematis rendah masih jauh dari kata mampu dalam mencapai indikator representasi matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Memecahkan Masalah, Relasi Dan Fungsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 31 Mar 2022 23:03
Last Modified: 31 Mar 2022 23:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28564

Actions (login required)

View Item View Item