PENGUKURAN PRESTASI BELAJAR STRUKTUR ATOM MENGGUNAKAN INSTRUMENT TWO TIER TEST PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM

DIANA, AKSARA (2022) PENGUKURAN PRESTASI BELAJAR STRUKTUR ATOM MENGGUNAKAN INSTRUMENT TWO TIER TEST PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIANA AKSARA (E1M016016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengukuran prestasi belajar struktur atom mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram menggunakan instrumen Two Tier Test. Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Tahun Angkatan 2020 kelas B sebanyak 26 orang. Uji validitas ahli menunjukkan kedua validator memberikan penilaian valid terhadap instrumen soal dengan masing-masing nilai V sebesar 0,67 dan 0,83. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata persentase penggolongan pemahaman konsep pada item paham konsep dan menebak tergolong dalam kriteria sedang, sedangkan pada item miskonsepsi dan tidak paham konsep tergolong dalam kriteria rendah. Sementara itu, nilai total prestasi belajar siswa yaitu sebesar 66,84. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan instumen two tier test dapat mengetahui hasil pengukuran prestasi belajar struktur atom mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram yaitu tergolong dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Prestasi Belajar, Instrumen Two Tier Test, Struktur Atom.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Apr 2022 06:09
Last Modified: 01 Apr 2022 06:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28568

Actions (login required)

View Item View Item