PENGARUH PUPUK CAIR HASIL FERMENTASI BERBAGAI KOMPOSISI BAHAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DALAM SISTEM HIDROPONIK VERTIKAL

Deni, Hartika Irawan (2022) PENGARUH PUPUK CAIR HASIL FERMENTASI BERBAGAI KOMPOSISI BAHAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DALAM SISTEM HIDROPONIK VERTIKAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Deni Hartika Irawan C1M016030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nutrisi AB Mix, dan Pupuk Organik Cair (POC) hasil fermentasi dari berbagai komposisi bahan organik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yang terdiri dari: AB Mix (A), komposisi pupuk 1 (B), komposisi pupuk 2 (C), dan komposisi pupuk 3 (D). Masing-masing perlakuan memiliki 6 ulangan, Sehingga terdapat 24 unit percobaan dari seluruh perlakuan. Data dianalisis dengan analisis keragaman pada taraf nyata 5%. Jika terdapat perlakuan yang berbeda nyata maka dilakukan uji lanjut BNJ (Beda Nyata Jujur) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa, penggunaan AB Mix, POC 1, POC 2, dan POC 3 berpengaruh nyata pada parameter panjang akar, berat akar dan diameter batang. Sedangkan pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat bersih, berat segar, dan berat kering menghasilkan pengaruh yang tidak berbeda nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Tanaman selada, AB Mix dan POC (Pupuk Organik Cair)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:13
Last Modified: 01 Apr 2022 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28572

Actions (login required)

View Item View Item