POLA SEBARAN DAN POTENSI SONOKELING (Dalbergia latifolia) SEBAGAI JENIS UNGGULAN LOKAL NTB PADA BLOK HL BALAI KPH SEJORONG MATAIYANG DESA MURUS KECAMATAN JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT

MUTIA, ANDRIANI (2022) POLA SEBARAN DAN POTENSI SONOKELING (Dalbergia latifolia) SEBAGAI JENIS UNGGULAN LOKAL NTB PADA BLOK HL BALAI KPH SEJORONG MATAIYANG DESA MURUS KECAMATAN JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUTIA ANDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mutia Andriani. Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Mataram, 2022. Pola Sebaran dan Potensi Sonokeling (Dalabergia latifolia) Sebagai Jenis Unggul NTB, pada Blok HL Balai KPH Sejorong Mataiyang Desa Murus. Dibimbing oleh Dr. Endah Wahyuningsih S, Hut., M.P. dan Bapak Ir Raden Sutriono, MP. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB mencatat luas hutan dan lahan kritis di NTB mencapai 680.620 hektare. Kualitas kayu sonokeling dianggap hampir menyerupai kayu jati, namun sonokeling telah masuk daftar Appendix II CITES. (termasuk jenis yang saat ini belum terancam punah namun perdagangannya harus dikontrol agar tidak terancam punah). Meskipun demikian populasi tumbuhan ini yang semakin menurun di alam bebas hingga cenderung sulit untuk ditemukan. Kondisi keberadaan sonokeling di Mataiyang saat ini cukup terjaga karena BKPH Mataiyang sudah memberlakukan sanksi kepada masyarakat yang sering menebang pohon sonokeling secara liar. Penelitian dilakukan untuk mendata potensi dan sebaran sonokeling serta untuk memberikan informasi terkait volume tegakan pada blok HL BKPH Sejorong Mataiyang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat dan Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah Alat tulis, GPS(Global Positioning System),thaly sheet, tali rafia, kalkulator, hagameter, pita ukur, phy band, meteran dan kamera. Sumber data dalam melakukan penelitian ini terdiri data primer dan data sekunder. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa analisis vegetasi pada lokasi ini memiliki komposisi jenis pada tingkat semai, pancang, tiang dan pohon serta nilai KR dan FR Sonokeling yang tertinggi adalah sebagai berikut: tingkat semai nilai FR tertinggi berada pada plot 12 nilai (27,727), tingkat pancang nilai FR tertinggi berada pada plot ke 5 nilai (27,272), pada tingkatan tiang nilai KR Dan FR tertinggi berada pada plot 1 dan 3 nilai (12,780) dan (8,772), pada tingkatan pohon nilai KR dan FR tertinggi berada pada plot 1 dan 9 nilai (10,954) dan (11,565). Berdasarkan hasil analisis vegetasi pada tingkat semai, pancang, tiang dan pohon diketahui bahwasonokeling memegang peranan penting dalam komunitas dan mampu beradapatsi dengan lingkungannya. Sedangkan untuk volume pohon diketahui bahwa volume setiap plot itu berbeda beda. Pohon yang banyak tidak menentukan besar jumlah volumenya. Besar jumlah volume ditentukan oleh diameter dan tinggi pohon. Semakin besar diameter suatu pohon maka jumlah volumenya semakin tinggi. Sebaran sonokoling yang ada di KPH Sejorong Mataiyang blok hutan lindung desa Murus ini adalah penyebaran secara acak (distribusi acak) karena nilai IP=0.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Potensi, Sebaran, Sonokeling
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:13
Last Modified: 01 Apr 2022 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28573

Actions (login required)

View Item View Item