ANALISIS NILAI TAMBAH DAN KELAYAKAN USAHA BERBAGAI PRODUK AGROINDUSTRI BERBASIS KELOR DI UD. SAPUTRO SEJATI DI DESA NYEROT KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Entin, Sholihah (2021) ANALISIS NILAI TAMBAH DAN KELAYAKAN USAHA BERBAGAI PRODUK AGROINDUSTRI BERBASIS KELOR DI UD. SAPUTRO SEJATI DI DESA NYEROT KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Entin Sholihah_Analisis Nilai Tambah Dan Kelayakan Usaha Berbagai Produk Agroindustri Berbasis .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pendapatan usaha agroindustri berbasis daun kelor di UD. Saputro Sejati. 2) Menganalisis kelayakan usaha agroindustri berbasis daun kelor di UD Saputro Sejati. 3) Menganalisisnilai tambah (value added) berbagai produk agroindustri berbasis kelor di UD Saputro Sejati. 4) mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh pemilik usaha UD. Saputro Sejati. Penelitian ini dilakukan di UD. Saputro Sejati Desa Nyerot Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Daerah sampel dipilih secara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa UD. Saputro Sejati satu satunya agroindustri berbasis kelor di Desa Nyerot Responden atau sampel diambil secara penuh atau menggunakan metode total quota sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendapatan yang diperoleh dalam satu kali proses produksi stik kelor adalah Rp249.289/PP, pendapatan yang diperoleh untuk satu kali proses produksi teh kelor sebesar Rp132.567/PP dan pendapatan yang diperoleh untuk satu kali proses produksi tepung kelor sebesar Rp161.400/PP. 2) Usaha UD. Saputro Sejati secara umum dikatakan layak dikatakan layak dengan nilai R/C Ratio lebih besar dari 1, nilai BEP tidak lebih besar dari nilai penerimaan, dan nilai rentabilitas usaha adalah 83,33% dimana lebih besar dari 16,50% (suku bunga pinjaman Bank BRI). Kemudian hambatan yang dialami oleh pengusaha dalam menjalankan usaha berbasis daun kelor tersebut adalah diantaranya bahan baku yang tidak berkualitas krn cuaca atau musim, pemasaran yang kurang maksimal, dan minim modal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: agroindustri kelor, nilai tambah dan kelayakan usaha
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:13
Last Modified: 01 Apr 2022 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28574

Actions (login required)

View Item View Item