KANDUNGAN KIMIA SOSIS DAGING AYAM PETELUR AFKIR DENGAN TAMBAHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleuretus ostreatus) SEBAGAI SUMBER SERAT PANGAN

ENDANG, FITRIA NINGSIH (2022) KANDUNGAN KIMIA SOSIS DAGING AYAM PETELUR AFKIR DENGAN TAMBAHAN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleuretus ostreatus) SEBAGAI SUMBER SERAT PANGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan kimia sosis daging ayam petelur afkir dengan tambahan jamur tiram putih pada berbagai perlakuan yang ada. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) Fakultas Peternakan Universitas Mataram dalam pembuatan adonan dan pembuatan sosis, sedangkan untuk uji kadar air, kadar abu, kandungan serat kasar, kandungan lemak kasar, dan kandungan protein kasar dilakukan di Laboratorium Ilmu Nutrisi Pakan Ternak (INMT). Materi yang digunakan adalah daging ayam petelur afkir, tepung jamur tiram putih dan bumbu-bumbu dapur sebagai penyedap rasa. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 3 ulangan, yang meliputi tanpa penambahan jamur tiram putih P0 (0%), penambahan tepung jamur tiram putih pada P1 (5%), P2 (10%) dan P3 (15%). Data dianalisis menggunakan ANOVA di SAS Software. Hasil penelitian menunjukan bahwa level penggunaan tepung jamur tiram putih berpengaruh nyata (P<0,01) terhadap kadar air dan kadar abu, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,01) terhadap kandungan serat kasar, kandungan lemak kasar dan kandungan protein kasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sosis daging ayam petelur afkir, jamur tiram putih, komposisi kimia, serat pangan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:13
Last Modified: 01 Apr 2022 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28575

Actions (login required)

View Item View Item