HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS I AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SULISTIAWATI, APRIANI (2022) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS I AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SULISTIAWATI APRIANI (E1E017133).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 326 siswa kelas V SDN Gugus I Ampenan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Samplingdengan sampel penelitian sebanyak 179 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Setelah data normal, homogen dan linear kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product momentdan korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tidak ada hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus I Ampenan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,097 lebih rendah dari rtabel = 0,146 pada taraf signifikansi 5%. (2) tidak ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus I Ampenan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,054 lebih rendah dari rtabel = 0,146 pada taraf signifikansi 5%. (3) tidak ada hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus I Ampenan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi ganda diperoleh nilai F change = 0,431 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel perhatian orang tua dan motivasi belajar secara simultan tidak memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Gugus I Ampenan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:50
Last Modified: 05 Apr 2022 04:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28594

Actions (login required)

View Item View Item