ISOLASI DAN KARAKTERISASI SERBUK KITOSAN DARI CANGKANG KERANG MUTIARA (Pinctada maxima) MENGGUNAKAN METODE DEASETILASI BERTAHAP

NURLAILI, NURLAILI (2022) ISOLASI DAN KARAKTERISASI SERBUK KITOSAN DARI CANGKANG KERANG MUTIARA (Pinctada maxima) MENGGUNAKAN METODE DEASETILASI BERTAHAP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-NURLAILI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kitosan sangat banyak dibutuhkan, mengingat kitosan merupakan material biosorben, scaffold, bahan pengawet ikan, dan anti mikroba pada makanan. Kitosan dapat diisolasi dari cangkang kerang mutiara (Pinctada maxima). Adapun metode deasetilasi bertahap untuk isolasi kitosan menggunakan bahan baku tersebut belum pernah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik kitosan yang diperoleh dari cangkang kerang mutiara jenis Pinctada maxima menggunakan metode deasetilasi bertahap. Serbuk kitosan dikarakterisasi menggunakan Spektrofotometer FTIR. Terkait pengaplikasiannya, kitosan disebutkan sangat efektif dalam mengadsorpsi ion zat warna Metilen biru, dan hasil adsorpsi diuji menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Berdasarkan penelitian, kitosan yang dihasilkan berbentuk serbuk berwarna putih keabuan, densitas curah kitosan sebesar 1,21 gr/ , serta didapat derajat deasetilasi dari kitosan sebesar 57,50 %. Rendemen kitosan yang didapatkan sebesar 33,71 %. Efisiensi penyerapan zat warna Metilen biru oleh kitosan di setiap konsentrasi rata-rata bernilai 90 %. Adapun luas permukaan kitosan diperoleh menggunakan metode adsorpsi Metilen biru. Berdasarkan penelitian, kapasitas adsorpsi maksimum ( dari model isoterm BET diperoleh sebesar 1,71 mg/g dengan konstanta isoterm BET ( didapat 46 L/mg, dengan memperoleh luas permukaan persatuan massa dari kitosan sebesar 6,34 .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Derajat deasetilasi, efisiensi adsorpsi, karakteristik, metilen biru
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:53
Last Modified: 11 Apr 2022 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28619

Actions (login required)

View Item View Item