IDENTIFIKASI DAN NILAI NUTRISI PAKAN TERNAK KAMBING PERANAKAN ETAWA(PE) PADA KELOMPOK TANI TERNAK KECAMATAN PRAYA BARAT LOMBOK TENGAH

NOVIA, ELMISAH (2022) IDENTIFIKASI DAN NILAI NUTRISI PAKAN TERNAK KAMBING PERANAKAN ETAWA(PE) PADA KELOMPOK TANI TERNAK KECAMATAN PRAYA BARAT LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA ELMISAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Jenis pakan, Nilai Nutrisi pakan, dan Konsumsi pakan yang diberikan pada ternak kambing di Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Praktek lapangan ini dilaksanakan selama 1 bulan di Desa Tanak Rarang dan Desa Setanggor Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey melalui pengamatan langsung di lapangan dan melalui wawancara dengan daftar pertanyaan pada kuisoner kepada peternak dan pengukuran langsung pada kambing di Desa Tanak Rarang dan Desa Setanggor. Pengamatan yang dilakukan selama praktek lapangan diketahui bahwa jenis pakan yang diberikan pada tenak kambing di Desa Tanak Rarang dan Desa Setanggor ada 4 jenis, yaitu turi, mahoni, singkong dan ketapang. Pemberian pakan ternak kambing yang hanya mengandalkan hijauan yang tersedia didaerah tersebut tanpa memberikan pakan tambahan seperti konsentrat. Rata-rata konsumsi pakan kambing PE pada Kecamatan Praya Barat pada umur <1 tahun sebesar 1,36 kg, pada umur >1-1,5 tahun konsumsinya sebesar 4,94kg, dan pada umur >1,5-2,5 tahun konsumsinya sebesar 4,24 kg. Dan Nilai Nutrisi pakan yang diberikan sebesar 23,83% BK, 21,02% SK, dan 15,64% PK.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pakan, nutrisi, kambing, konsumsi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:54
Last Modified: 11 Apr 2022 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28622

Actions (login required)

View Item View Item