PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SUSI, ANGGRIANI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS III SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas III SDN 28 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini mengggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah sebanyak 73 orang siswa, dengan rincian kelas IIIA sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 orang siswa, sedangkan kelas IIIB sebagai kelas kontrol berjumlah 37 orang siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program aplikasi SPSS 21.0 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Samples T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai sebesar 3,633 sedangkan sebesar 2,003, maka lebih besar dari . Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: visual auditory kinesthetic hasil belajar kognitif IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:54
Last Modified: 11 Apr 2022 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28624

Actions (login required)

View Item View Item