PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SDN GUGUS 7 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2019/2020

RAHIMAYATUL, AINI (2022) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SDN GUGUS 7 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran; problem yang dialami guru dan siswa; dan cara mengatasi problem yang dialami guru dan siswa selama pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yakni: Problema yang dialami guru yakni: kondisi kelas yang kurang maksimal; tujuan pembelajaran tidak disampaikan; materi tidak tematik; guru kurang kreatif dalam memilih media pembelajran; penggunaan metode pembelajaran kurang bervariasi; problem bahan ajar; dan problem evaluasi pembelajaran tematik. Sedangkan problema yang dialami siswa yaitu: kemampuan baca tulis siswa yang lamban dan siswa kurang aktif dan antusias dalam proses pembelajaran. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi problema tersebut yakni memberikan motivasi belajar; pemanfaatan internet dalam membuat media; metode yang menyenangkan; bahan ajar dan evaluasi pembelajaran. Sementara solusi bagi siswa yaitu: pemberian jam pelajaran tambahan dan pembelajaran aktif, inovatif dan kreatif. Saran yang penulis ajukan yakni guru harus selalu menerapakan metode pembelajaran yang menarik dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga siswa antusias serta serius dalam mengikuti pelaksanakan pembelajaran yang sudah direncanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Problematika, Pelaksanaan, Pembelajaran, dan Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:33
Last Modified: 22 Apr 2022 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28699

Actions (login required)

View Item View Item