SINTESIS DAN KARAKTERISASI MATERIAL PEROVSKITE KALSIUM TITANAT (CaTiO3) DARI LIMBAH CANGKANG KERANG MUTIARA (Pinctada maxima)

MUSTIKA, MUSTIKA (2022) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MATERIAL PEROVSKITE KALSIUM TITANAT (CaTiO3) DARI LIMBAH CANGKANG KERANG MUTIARA (Pinctada maxima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Mustika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perovskite kalsium titanat merupakan material yang saat ini terus dikembangkan. Hal ini dikarenakan kalsium titanat merupakan material perovskite yang aman yaitu bebas timbal dan mempunyai pengaplikasian yang cukup luas dalam berbagai bidang diantaranya sebagai komponen elektronik dan sebagai fotokatalis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gugus fungsi dan struktur kristal yang terbentuk dari hasil sintesis kalsium karbonat berbahan dasar limbah cangkang kerang mutiara (Pinctada maxima) dan titanium oksida. Metode yang digunakan untuk mensitesis perovskite CaTiO3 adalah metode kopresipitasi dengan menggunakan variasi suhu kalsinasi yaitu 700˚C, 800˚C dan 900˚C selama 3 jam. Sampel perovskite kalsium titanat yang terbentuk di karakrerisasi menggunakan alat FTIR untuk menganalisa mode vibrasi dan gugus fungsi, serta uji XRD untuk mengetahui struktur kristal yang terbentuk. Pada penelitian ini telah berhasil disintesis material perovskite kalsium titanat yang ditandai dengan munculnya peregangan gugus fungsi Ca – Ti – O pada bilangan gelombang yang bervariasi sesuai dengan variasi suhu kalsinasi. Hasil pengujian XRD menunjukkan bahwa ketiga sampel mempunyai struktur kristal orthorhombik, dengan derajat kristalinitas tertinggi didapatkan pada sampel kalisum titanat suhu 900˚C yaitu sebesar 59,24%. Begitupun dengan ukuran kristal didapatkan nilai terkecil yang berukuran nanometer pada suhu kalsinasi 900˚C yaitu sebesar 38,99 nm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pinctada maxima, perovskite CaTiO3, kopresipitasi, orthorhombik.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:33
Last Modified: 22 Apr 2022 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28701

Actions (login required)

View Item View Item