ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DARING DI KELAS V SDN 35 AMPENAN TAHUN 2020/2021

MISNAWATI, MISNAWATI (2022) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DARING DI KELAS V SDN 35 AMPENAN TAHUN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MISNAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengelolaan kelas daring yang dilakukan oleh guru serta hambatan dan upaya dalam pelaksanaan pengelolaan kelas daring di Sekolah Dasar Negeri 35 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan penyajian secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru/wali kelas V yaitu VA dan VB. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik.. Analisis data pada penelitian menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah (1) Melakukan pengelolaan kelas daring yang berkaitan dengan pengelolaan kelas jarak jauh melalui media teknologi berupa aplikasi WhatsApp dan Youtube. Adapun dalam menunjukkan sikap tanggap guru selalu berinteraksi dengan peserta didik, membantu peserta didik yang kesulitan dalam mengerjakan tugas dan memberikan komentar positif dalam menegur. Dalam membina hubungan baik guru melakukan pendekatan sosial, melakukan bimbingan kepada peserta didik yang bermasalah serta mengkomunikasikan dengan orangtuanya. (2) Hambatan terbesar dalam pelaksanaan pengelolaan kelas daring yaitu anak-anak banyak yang tidak memiliki handphone dan jaringan internet yang sering gangguan. Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu memberi keringan untuk peserta didik yang tidak memiliki handphone, mengelompokkan peserta didik ke dalam kelompok belajar dan menerapkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM). Hambatan terakhir yaitu kurangnya kedisiplinan peserta didik, upaya yang dilakukan yaitu memberi teguran, nasehat dan mengkomunikasikan dengan orang tua peserta didik yang bermasalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: strategi guru, pengelolaan kelas daring
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:33
Last Modified: 22 Apr 2022 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28704

Actions (login required)

View Item View Item