TINJAUAN YURIDIS PEMBAGIAN HARTA BERSAMA DALAM PERKAWINAN CAMPURAN BERDASARKAN PUTUSAN PENGADILAN AGAMA GIRI MENANG NO. 0319/Pdt.G/2017/PA.GM

Tsamara, Jannati (2022) TINJAUAN YURIDIS PEMBAGIAN HARTA BERSAMA DALAM PERKAWINAN CAMPURAN BERDASARKAN PUTUSAN PENGADILAN AGAMA GIRI MENANG NO. 0319/Pdt.G/2017/PA.GM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENELITIAN SKRIPSI full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, meneliti secara normatif serta mengetahui akibat hukum perceraian dalam perkawinan campuran antar Warga Negara terhadap harta bersama maupun terhadap hak perwalian anak menurut ketentuan hukum yang berlaku. Metode penelitian ini didesain dengan langkahlangkah pendekatan masalah yaitu dengan cara menganalisa semua permasalahan yang ada kemudian ditinjau dari segi hukum atau perundang-undangan yang berlaku. Pengumpulan data primer yaitu bahan dperoleh dari perundang-undangan atau produk hukum yang berlaku saat ini. Data sekunder diperleh dari penelaahan kepustakaan dari literatur-literatur, karya tulis ilmiah dan buku-buku. Analisa data dilakukan dengan metode interpretasi atau penafsiran melalui Library Research dengan berdasar pada data primer dan data sekunder, sehingga dapat menjelaskan permasalahan yang ada secara lebih rinci. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa harta benda dalam perkawinan campuran antar warga Negara termasuk dalam bidang status personal, sehingga apabila terjadi perceraian maka diberi kebebasan untuk menentukan sendiri hukum yang berlaku bagi harta benda perkawinan mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : perceraian, perkawinan campuran, antar warga Negara
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 May 2022 03:23
Last Modified: 17 May 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28766

Actions (login required)

View Item View Item