WAHYU, LAILATUL HIKMAH (2022) EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keefektifan model blended learning pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 20 Ampenan pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif fenomelogi. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang efektivitas model blended learning pada pembelajaran tematik, Dengan subiek penelitian kepala sekolah, dan guru kelas lima. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara, dan dokumentasi serta dengan menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah, Model blended learning pada pembelajaran tematik untuk Tema 5 sehat itu penting, Subtema 3, Pembelajaran 1, dimasa pandemi Covid-19 kelas V SDN 20 Ampenan Tahun Ajaran 2020/2021 tetap efektif, meskipun terjadi perubahan waktu pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, dan materi pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yaitu, pengunaan aplikasi media online untuk proses pembelajaran. Selain fasilitas yang harus memadai tentunya guru lebih ekstra dalam memberikan pemahaman terkait materi yang disampaikan kepada siswa selama proses pembelajaran online maupun tatap muka yang harus dilakukan secara maksimal dalam waktu terbatas, dan melakukan penilaian sebagaimana biasanya namun dengan pengamatan dilakukan secara online dan tatap muka, sehingga pembelajaran tetap berlangsung baik dan efektif walaupun dimasa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Perhatian Orang Tua; Motivasi Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 17 May 2022 07:21 |
Last Modified: | 17 May 2022 07:21 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28785 |
Actions (login required)
View Item |