PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPA

GEDE KARUNIA SOENARKO, I (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis_I Gede Karunia Soenarko (I2E019008) full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ix Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk E-LKPD berbasis pembelajaran penemuan yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan sikap ilmiah peserta didik. Pengembangan E-LKPD ini mengikuti langkah-langkah model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, disseminate. Hasil pengembangan E-LKPD yang divalidasi oleh tiga dosen ahli pendidikan Universitas Mataram. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 6 Mataram. Pada uji coba terbatas subjek diambil satu kelas sedangkan uji coba luas subjek diambil dua kelas. Analisis data data dilakukan dengan teknik deskriptif persentase, indeks Aiken’s V, percentage of agreement, dan uji anakova. Hasil validasi menunjukkan bahwa komponen E-LKPD yang dikembangkan termasuk pada kategori valid dengan perolehan nilai rata-rata validitas sebesar 0,79. Hasil analisis data respon guru dan pendidik memperoleh persentase 80 % dan 86,42% menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dalam kategori praktis. Hasil uji efektivitas menggunakan uji anakova memperoleh Fhitung > Ftabel (8,277 > 3,98) pada keterampilan pengambilan keputusan dan Fhitung > Ftabel (6,931 > 3,98) pada sikap ilmiah dengan taraf signifikan 5%, maka hipotesis nol (H0) ditolak yang artinya terdapat pengaruh E-LKPD berbasis pembelajaran penemuan untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI IPA. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis pembelajaran penemuan layak, valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI IPA.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: E-LKPD, Pembelajaran Penemuan, Keterampilan Pengambilan Keputusan, Sikap Ilmiah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 May 2022 07:21
Last Modified: 17 May 2022 07:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28786

Actions (login required)

View Item View Item