PERTIMBANGAN HUKUM DALAM MENGABULKAN PERMOHONAN WALI ADHAL DI PENGADILAN AGAMA SUMBAWA BESAR (Analisis tentang Penetapan Nomor 135/Pdt.P/2021/PA.Sub)

Anita, Nabila Nurdiansari (2022) PERTIMBANGAN HUKUM DALAM MENGABULKAN PERMOHONAN WALI ADHAL DI PENGADILAN AGAMA SUMBAWA BESAR (Analisis tentang Penetapan Nomor 135/Pdt.P/2021/PA.Sub). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ijox9-rqlpj-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hukum yang digunakan hakim dalam Penetapan Nomor 135/Pdt.P/2021/PA.Sub dalam mengabulkan permohonan wali adhal dan akibat hukum dari penetapan wali adhal. Penelitian ini bersifat normatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dasar pertimbangan hakim salah satunya adalah penolakan wali nasab kepada pemohon untuk menikahkan pemohon dengan calon suaminya tidak berdasarkan hukum, serta akibat hukum yang timbul dari penetapan wali adhal adalah berpindahnya kewalian dari wali nasab kepada wali hakim yaitu pejabat Kantor Urusan Agama Kecamatan selaku pegawai pencatat nikah dalam wilayahnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Wali Adhal, Pertimbangan Hakim, Akibat Hukum.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 May 2022 02:40
Last Modified: 18 May 2022 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28789

Actions (login required)

View Item View Item