KAJIAN TERHADAP KLAUSULA BAKU BARANG YANG SUDAH DIBELI TIDAK DAPAT DITUKAR KEMBALI MENURUT UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999

SALMIN, ACHMAD (2022) KAJIAN TERHADAP KLAUSULA BAKU BARANG YANG SUDAH DIBELI TIDAK DAPAT DITUKAR KEMBALI MENURUT UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JILID SALMIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaturan klausula baku dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana bentuk tanggung jawab pelaku usaha karena menerapkan klausula baku barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar kembali yang merugikan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian normatif dan menggunakan metode pendekatan perundangundangan (statue approach), pendekatan konseptual (conceptual approach), dan pendekatan kasus (case approach). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aturan pencantuman klausula baku yang benar telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan pertanggung jawaban bagi pelaku usaha yang terbukti melanggar ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam mencantumkan klausula baku dikenakan sanksi ganti rugi akibat perbuatan melawan hukum sesuai dengan Pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata), selain tanggung jawab secara perdata pelaku usaha juga dapat dimintai pertanggungjawaban secara pidana sesuai dengan Pasal 62 ayat (1) dan Pasal 383 KUHP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Klausula Baku, Perlindungan Konsumen, Perlindungan Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2022 02:07
Last Modified: 24 May 2022 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28829

Actions (login required)

View Item View Item