PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN TEKNIK HANDS ON MATHEMATICS ADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX C SMPN 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NURJANNAH, NURJANNAH (2017) PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN TEKNIK HANDS ON MATHEMATICS ADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX C SMPN 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IX C SMPN 2 Kediri tahun pelajaran 2017/2018 pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun masing – masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan teknik hands on mathematics. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 8,32 dengan kategori kurang aktif. Sedangkan pada siklus I pertemuan 2, skor aktivitas belajar siswa adalah 10,00 dengan kategori aktif. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus II, skor aktivitas belajar siswa adalah 13,34 daa 14,01 dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata – rata hasil evaluasi pada siklus I dan II berturut – turut adalah 75,98 dan 78,75 dengan ketuntasan klasikal masing – masing siklus 79% dan 87,5%. Dengan melihat hasil evaluasi dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan teknik hands on mathematics pada materi pembelajaran bangun ruang sisi lengkung dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IX C SMPN 2 kediri tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar siswa, Prestasi belajar siswa, CTL dan Hands On Mathematics.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Apr 2018 03:43
Last Modified: 21 Apr 2018 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item