PENGELOLAAN TANAH PECATU DESA DENGAN SISTEM PERJANJIAN BAGI HASIL DI KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR (STUDI DI DESA DANGER LOMBOK TIMUR)

RIALDI, ISNA FALAH (2022) PENGELOLAAN TANAH PECATU DESA DENGAN SISTEM PERJANJIAN BAGI HASIL DI KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR (STUDI DI DESA DANGER LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENGELOLAAN TANAH PECATU DESA DENGAN SISTEM PERJANJIAN BAGI HASIL DI KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegetahu mekasnime pengelolaan tanah pecatu desa dengan sistem perjanjian bagi hasil di kecamatan Masbagik , serta untuk mengetahui hak, kewajiban dan tanggungjawab para pihak jika dalam pengeloaan tanah pecatu desa di desa Danger Kecamatan Masbagik Mengalami kegagalan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empris dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tanah Pecatu desa yang dahulunya merupakan aset daerah sebelum diundangkannya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dikembalikan sepenuhnya kepada desa menjadi aset asli desa, pengemabalian tersebut dilakukan secara hibah. (2) pengelolaan tanah pecatu desa dengan sistem perjanjian bagi hasil di kecamatan Masbagik menganut isi dari dari Undangundang No 2 Tahun 1960 tentang Bagi hasil dan tidak lagi mengelolanya dengan hukum adat. (3) jika dalam pengelolaan tanah pecatu desa mengalami kegagalan, maka para pihak tetap menjalankan hak dan kewajibannya masing-masing sesuai yang tertulis dalam pernjanjian bagi hasil tersebut, dan segala kerugian ditanggung oleh pemerintah desa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: desa ,tanah pecatu desa, perjanjian bagi hasil
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2022 02:07
Last Modified: 24 May 2022 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item View Item