PERAN USAHATANI LEBAH TRIGONA DALAM UPAYA ADAPTASI PENGHIDUPAN PETERNAK TRIGONA MENGHADAPI DAMPAK GEMPA DAN COVID-19 DI KECAMATAN BAYAN LOMBOK UTARA

Rinda, Desan (2022) PERAN USAHATANI LEBAH TRIGONA DALAM UPAYA ADAPTASI PENGHIDUPAN PETERNAK TRIGONA MENGHADAPI DAMPAK GEMPA DAN COVID-19 DI KECAMATAN BAYAN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kondisi sosial ekonomi rumah tangga peternak Trigona di Kecamatan Bayan Lombok Utara. 2) Mengetahui penghidupan peternak Trigona dan peran usahatani Trigona dalam menghadapi dampak gempa dan Covid-19 di Kecamatan Bayan Lombok Utara. Teori yang digunakan untuk melihat kasus dalam penelitian ini adalah penghidupan berkelanjutan menurut DFID UK tahun 1999. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu Kecamatan Bayan Lombok Utara . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan fenomenologi.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumen. Tahapan analisis data yang digunakan mengikuti pendekatan SAGE Research Methods Datasets. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 1) Setelah gempa bumi terjadi kondisi sosial ekonomi peternak Trigona mengalami kelumpuhan total. Sedangkan setelah pandemi, peternak Trigona merasakan bahwa sumber pemasukan rumah tangga berkurang. Usahatani Trigona berperan membantu peternak memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah tangga dan kebutuhan usahatani lainnya. 2) Usahatani Trigona dapat diandalkan untuk membantu penghidupan peternak pasca bencana karena adanya keetrsediaan dukungan modal, berupa modal manusia, alam, sosial, fisik, dan finansial. Disamping itu didukung juga oleh aspek kelembagaan, yaitu kelembagaan formal dan informal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kuci : Usahatani, Trigona,Penghidupan, Gempa, Covid-19
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 May 2022 03:07
Last Modified: 25 May 2022 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28866

Actions (login required)

View Item View Item