PENGARUH PUPUK ORGANIK KASCING DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.) SEBAGAI BAHAN AJAR MATA KULIAH BUDIDAYA TANAMAN

ANGGI, YUNI ANGGRAENI (2022) PENGARUH PUPUK ORGANIK KASCING DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.) SEBAGAI BAHAN AJAR MATA KULIAH BUDIDAYA TANAMAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANGGI YUNI ANGGRAENI docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pupuk adalah sumber hara yang memiliki peran dalam menentukan pertumbuhan dan produksi tanaman. Penggunaan kombinasi pupuk organik dan pupuk anorganik dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan struktur tanah akibat penggunaan pupuk anorganik secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kascing dan pupuk NPK serta kombinasinya terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap 2 faktor yaitu dosis pupuk kascing dengan 5 taraf dosis dan dosis pupuk NPK dengan 4 taraf dosis masing-masing dalam 4 ulangan. Perlakuan kascing terdiri atas 0 gr, 75 gr, 150 gr, 225 gr, and 300 gr. Perlakuan pupuk NPK terdiri atas of 0 gr, 0.4 gr, 0.6 gr, and 0.8 gr/100 ml air. Data dianalisis menggunakan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan kascing dan pupuk NPK serta kombinasi tidak berpengaruh nyata terhadap parameter pertumbuhan tanaman yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat basah dan berat kering tanaman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Pertumbuhan Sawi Hijau, Pupuk NPK, Kascing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 May 2022 03:07
Last Modified: 25 May 2022 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28867

Actions (login required)

View Item View Item