PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA WANITA HARIAN LEPAS ( Studi Kasus PT. Rinjani Tirta Abadi Di Desa Aik Berik)

Renda, Hizanatul Ulumi (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA WANITA HARIAN LEPAS ( Studi Kasus PT. Rinjani Tirta Abadi Di Desa Aik Berik). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap tenaga kerja wanita harian lepas di PT. Rinjani Tirta Abadi Di Desa Aik Berik yang ditinjau dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Pekerja wanita adalah seorang wanita yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain. Pekerja harian lepas adalah pekerja atau buruh yang bekerja pada pengusaha untuk melaksanakan pekerjaan tertentu yang dapat berubah-ubah dalam hal waktu maupun volume pekerjaan dengan menerima upah yang didasarkan atas kehadiran pekerja secara harian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah hukum empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis dan menggunakan sumber bahan hukum primer yang diperoleh dari data lapangan dan hasil wawancara. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan telah memberikan peraturan mengenai hak-hak pekerja wanita. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis lebih jauh lagi bagaimana pengaturan perlindungan hukum terhadap tenaga kerja harian lepas di PT. Rinjani Tirta Abadi dan dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan perlindungan terhadap tenaga kerja wanita harian lepas berdasarkan UndangUndang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Tenaga Kerja Wanita, Hak-Hak Pekerja Wanita, Pekerja Harian Lepas.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 May 2022 03:07
Last Modified: 25 May 2022 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28870

Actions (login required)

View Item View Item