PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH INDUSTRI TAHU DAN EM 4 TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.) UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BUDIDAYA TANAMAN

INTANNIA, EKA PUTRI S (2022) PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH INDUSTRI TAHU DAN EM 4 TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.) UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH BUDIDAYA TANAMAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Intannia Eka Putri Sugiharti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair (POC) limbah industri tahu, EM4 dan kombinasinya terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brassica juncea L.) serta mengetahui dosis yang paling optimal untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sawi hijau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis POC limbah industri tahu dan faktor kedua adalah dosis EM4, masing-masing faktor memiliki 5 taraf pemupukan dengan 3 kali ulangan. Perlakuan pupuk organik cair (POC) limbah industri tahu terdiri atas 0 ml, 25 ml, 50 ml, 75 ml dan 100 ml. Perlakuan EM4 terdiri atas 0 ml, 1 ml, 2 ml, 3 ml, dan 4 ml/100 ml air. Parameter pertumbuhan sawi hijau yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah, luas daun, dan berat kering tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair (POC) limbah tahu, EM4, dan kombinasinya tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap semua parameter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci : Pupuk Organik Cair, Limbah Industri Tahu, EM4, Pertumbuhan Sawi Hijau
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 May 2022 03:07
Last Modified: 25 May 2022 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28872

Actions (login required)

View Item View Item