PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KECAMATAN LANGGUDU KABUPATEN BIMA

AGUSTINA, ERNAWATI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KECAMATAN LANGGUDU KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AGUSTINA ERNAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia Kelompok A di TK Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen Preexperimental Design dengan desain one group pretes-posttes design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Kecamatan Langgudu, sejumlah 24 orang yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 perempuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel nonprobability sampling dengan tehnik sampling purposive. Tehnik pengumpulan data berupa observasi dan lembar observasi “check List”. Tehnik analisis meliputi uji normalitas, uji hipotesis dan hipotesis statistik. Hasil uji normalitas terhadap nilai pretes sebesar 0,097 dan nilai posttes sebesar 0,160 dengan nilai signifikansi > 0,05 yang berarti data pretes dan posttes berdistribusi normal. Setelah data berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan paired sample t test terhadap nilai pretes dan posttes dengan hasil sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung 59,98 > t tabel 1,711 yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Adapun nilai Ha yang dimaksud ialah ada perbedaan antara nilai pretes dan posttes sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Kecamatan Langgudu Tahun 2022.”

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Lambang Bilangan dan Kartu Angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 May 2022 03:08
Last Modified: 25 May 2022 03:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28877

Actions (login required)

View Item View Item