TINJAUAN YURIDIS PEMBAGIAN HARTA PERKAWINAN MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERDATA (Studi Kasus Putusan Nomor : 0752/Pdt.G/2015/PA.JB)

NOVITANINGSIH, DWI TRISNAWATI (2022) TINJAUAN YURIDIS PEMBAGIAN HARTA PERKAWINAN MENURUT HUKUM ISLAM DAN HUKUM PERDATA (Studi Kasus Putusan Nomor : 0752/Pdt.G/2015/PA.JB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI VITA LENGKAP revisi semhas (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembagian harta perkawinan menurut hukum islam dan hukum perdata dalam putusan Nomor 0752/Pdt.G/2015/PA.JB. Penlitian ini menggunakan metode penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan undang-undang, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Hasil penelitian dari putusan hakim memutuskan bahwa gugatan penggugat dikabulkan sebagian dengan menyatakan sebidang tanah besrta bangunan yang menjadi objek gugatan adalah harta bawaan tergugat sedangkan biaya renovasi rumah adalah harta bawaan dari penggugat. Objek sengketa dari gugatan ini bukanlah merupakan harta bersama (gono-gini) karena berdasarkan Pasal 35 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 jo. Pasal 1 huru (f) Kompilasi Hukum Islam yang dimaksud harta bersama adalah harta benda yang diperoleh oleh suami istri selama dalam ikatan perkawianan. Pembagian harta perkawinan dapat ditentukan lain apabila kedua belah pihak melakukan perjanjian perkawian baik sebelum atau sesudah perkawinan berlangsung. Perjanjian perkawinan dibuat secara tertulis dan disahkan oleh pegawai pencatat perkawinan atau notaris. Perjanjian perkawinan ini berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya, dan juga berlaku bagi pihak ketiga sepanjang pihak ketiga ini tersangkut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perkawinan, Harta Perkawinan, Perjanjian Perkawinan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 May 2022 07:34
Last Modified: 25 May 2022 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28885

Actions (login required)

View Item View Item