NILAI DAN MAKNA SIMBOL DALAM TRADISI MAULID ADAT BAYAN (Studi di Desa Adat Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara)

NURLATIFA, NURLATIFA (2022) NILAI DAN MAKNA SIMBOL DALAM TRADISI MAULID ADAT BAYAN (Studi di Desa Adat Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURLATIFA_PPKn_E1B018067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tradisi Maulid Adat Bayan merupakan suatu tradisi yang terus menerus dilaksanakan dan dilestarikan oleh Masyarakat Adat Bayan dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad S.A.W. (Maulid Nabi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai dan makna simbol yang terdapat dalam pelaksanaan Tradisi Maulid Adat Bayan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Tradisi Maulid Adat Bayan dilaksanakan dalam beberapa tahapan kegiatan diantaranya Menyilak (mengundang), mengumpulkan bahan makanan, menghias Masjid Kuno Bayan, Presean, Meriap (memasak), mempersiapkan hidangan ke dalam Ancak (wadah makanan), menghias para Praja Mulud, dan acara Puncak Maulid. Adapun tahapan-tahapan tersebut memiliki makna simbol sesuai dengan keyakinan Masyarakat Adat Bayan. Selain dari pada itu terdapat nilai yang terkandung dalam pelaksanaan Tradisi Maulid Adat Bayan yaitu nilai gotong royong, nilai religius, nilai budaya, dan nilai keindahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nilai, Simbol, Tradisi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 May 2022 04:04
Last Modified: 28 May 2022 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28913

Actions (login required)

View Item View Item