PERLINDUNGAN TERHADAP PELAKU USAHA YANG PEMESANANNYA DIBATALKAN OLEH KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI PANEL BOX DENGAN SISTEM PURCHASE ORDER (PO)

RIFKY, AZZIZI (2022) PERLINDUNGAN TERHADAP PELAKU USAHA YANG PEMESANANNYA DIBATALKAN OLEH KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI PANEL BOX DENGAN SISTEM PURCHASE ORDER (PO). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rifky Azzizi_D1A018250.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan terhadap hak pelaku usaha yang pemesanan panel boxnya dibatalkan dan penyelesaian sangketa yang dilakukan jika konsumen tidak ingin ganti rugi dalam perjanjian jual beli dengan sistem Purchase Order (PO). Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, yaitu dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Menurut penulis , bahwa hak pelaku usaha akan terlindungi jika konsumen melaksanakan tanggung jawabnya sesuai kesepakatan dan sesuai dengan Pasal 5 UUPK serta bertanggung jawab atas konsekuensi pembatalan yang dilakukannya. Berdasarkan hasil penelitian, penyelesaian sengketa apabila terjadi kerugian antara pelaku usaha dengan konsumen yaitu menggunakan jalur non litigasi yaitu dengan mediasi. Namun dalam Purchase Order, jika terjadi perselisihan, kedua belah pihak akan menyelesaikan sangketanya melalui Pengadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perlindungan Hukum,Pelaku Usaha, Konsumen, Purchase Order (PO), Penyelesaian Sangketa
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2022 05:55
Last Modified: 30 May 2022 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28985

Actions (login required)

View Item View Item